Lagu-lagu luar negri terkenal yang ternyata plagiat

Lagu-lagu luar negri terkenal yang ternyata plagiat



Kreatifitas yaitu hal yang terutama dalam bikin suatu karya. Kreatifitas dapat juga membawa seseorang pemusik jadi populer. Tetapi tahukah Anda bahwa musik-musik populer yang di ciptakan oleh pemusik populer sekalipun yaitu plagiat? Mari kita simak.

My Sweet Lord
Di ciptakan oleh : George Harrison
Di ambil dari : The Chiffons " He's So Fine "
Pada th. 1971, tidak lama sesudah lagu " My Sweet Lord " launching serta jadi hit di semua dunia, Ronald Mack menuntut George Harrison serta menyampaikan bahwa George Harrison sudah mangambil irama " He's So Fine " untuk lagu itu. Harrison menyampaikan bahwa lagu itu di inspirasi dari lagu " Oh Happy Day " yang di ciptakan oleh Edwin Hawkins Singers. Kemudian dalam ketentuan hakim menyampaikan bahwa Harrison dengan cara tak berniat serta tak sadar sudah menyalin irama " He's So Fine ". Mack pada akhirnya meminta beberapa royalti yang didapat dari lagu " My Sweet Lord ".

U Can't Touch This
Di ciptakan oleh : MC Hammer
Di ambil dari : Rick James " Super Freak "
Tidak lama sesudah launching pada th. 1990, Hammer digugat oleh James lantaran dikira mengambil irama lagu " Super Freak " terlalu berlebih. Lantaran tuduhan itu, Hammer juga mengambil keputusan untuk berikan pada James suatu credit juga sebagai Co-composer. Meskipun terlihat sepele, hal semacam ini malah melukai penjualan lagu-lagu Rick James serta lagu " U Can't Touch This " lebih populer dibanding " Super Freak ".

Ice Ice Baby
Di ciptakan oleh : Vanilla Ice
Di ambil dari : David Bowie & Queen " Under Pressure "
Hampir persis dengan lagu diatas, tetapi yang terburuk yaitu lagu itu segera jadi hit di semua dunia saat sebelum sang pencipta lagu ini yang bernama asli Robert Matthew Van Winkle berikan credit pada David Bowie serta Queen sesudah dituduh menyalin bass dari lagu " Under Pressure " yang pada dekade 1980-an adalah suatu hit yang populer lantaran bass-nya yang di buat oleh duo David Bowie serta Freddie Mercury.

Bitter Sweet Symphony
Di ciptakan oleh : The Verve
Di ambil dari : The Rolling Stones " The Last Time "
The Verve yang mau membuat lagu itu meminta izin Andrew Oldham Recording untuk memakai beberapa sisi musik " The Last Time " untuk lagu " Bitter Sweet Symphony ", tetapi sesudah launching, Oldham berasumsi The Verve sudah memakai sisi dari lagu itu semakin banyak dari yang diizinkan. Hal ini dapat mengundang perhatian ABKCO Records yang memegang hak cipta lagu-lagu The Rolling Stones, tuntutan dihentikan saat hak cipta lagu dikreditkan pada ABKCO serta Jagger/Richards.

Da Ya Think I'm Sexy?
Di ciptakan oleh : Rod Stewart
Di ambil dari : Jorge Ben " Taj Mahal "
" Da Ya Think I'm Sexy? " yang disebut hit disko yang dikritik keras fansnya lantaran Rod Stewart yang merubah genre lagu umum Stewart (Rock-blues) jadi lagu disko. Tetapi pro-kontra selanjutnya berlangsung saat artis Brazil Jorge Ben Jor berasumsi Stewart menyalin irama lagu " Taj Mahal " pada lagunya itu. Tetapi Stewart mengakhiri tuntutan dengan berikan royalti lagu itu pada instansi UNICEF. Juga sebagai catatan, " Taj Mahal " yaitu lagu Jorge Ben Jor yang satu tahun lebih pada awal mulanya yaitu lagu hit di Brazil.

Sumber : kaskus. us

http://soultheolog.blogspot.com/

wdcfawqafwef